Sabtu, 10 November 2012

Sungai Cheonggyecheon, Menenangkan Gemerlap Seoul


Di berbagai dunia, sungai seringkali menjadi pusat peradaban. Tidak itu saja, keberadaan sungai di tengah-tengah kota selalu memberikan nuansa lain. Tidak hanya kegembiraan namun juga keakraban. Sungai kemudian menjelma menjadi pusat kegiatan masyarakat, baik yang bersifat ritual agama maupun budaya. 
Nama sungai Cheonggyecheon yang terletak di Seoul ini mungkin tidak mudah dilafalkan, namun keberadaannya berhasil memberikan nuansa lain untuk penduduk kota terbesar di Korea Selatan tersebut. Anda akan banyak menemukan keasyikan di sungai sepanjang 6 km ini.
Sungai yang konon dulu  kotor dan kumuh ini, oleh pemerintah disulap menjadi sudut yang menenangkan warga. Tidak sekedar sungai, karena kanan kirinya dibangun khusus untuk para pejalan kaki seperti layaknya trotoar mini. Jadilah sungai yang berada di jantung kota Seoul itu sinergis dengan lingkungan sekitar. Dari pagi hingga malam, sungai Cheonggyecheon banyak dikunjungi warga juga wisatawan mancanegara. Kafe pun bertebaran di tepi sungai. Jadi apakah Anda sekedar ingin berjalan-jalan, atau bersenda gurau sambil mencicipi makanan ringan? Semuanya bisa Anda dapatkan disini.
Tidak hanya itu, beberapa festival rutin kota Seoul juga diadakan di sungai indah ini. Sebutlah festival lampion dan lentera yang selalu ditunggu-tunggu oleh warga setempat dan wisatawan. Warga dengan sukarela membuat aneka kreasi lentera yang indah dengan berbagai bentuk dan warna. Bentuk lentera biasanya merefleksikan legenda atau dongeng yang hidup di Korea.  Jadi Anda bisa bayangkan ditengah gemerlap kota dan gedung pencakar langit Seoul, lalu di sepanjang 1,3 km berjajar lentera aneka rupa. Keindahan yang pasti akan diburu oleh siapapun yang menyukai budaya dan keindahan berpadu sekaligus. Tahun lalu, festival lentera dihelat pada bulan November selama 2 minggu.
Lantas bagaimana jika Anda kebetulan sedang bepergian ke Seoul pada saat festival lentera tidak dihelat ? jangan lantas tak mengunjungi sungai Cheonggyecheon, karena di hari-hari biasa pengunjung akan disuguhi atraksi Candlelight Fountain yakni air terjun setinggi 4 meter yang bergerak-gerak dengan irama ritmis dan warna cahaya yang berubah-ubah. Tidak itu saja, wisatawan juga bisa memanfaatkan beberapa sudut sungai yang mempunyai background menarik sehingga sangat layak untuk dijadikan latar belakang berfoto. Bahkan film Jeon Woo Chi yang dibintangi aktor Kang Dong Won dan Im Soo Jeong juga mengambil beberapa scene di tempat ini.
Kini, apakah Anda ingin menikmati wisata di sungai Cheonggyecheon ? mudah saja, sungai ini berada di pusat kota Seoul. Antara Bandara Internasional Incheon dengan pusat kota Seoul dihubungkan dengan Incheon International Airport Railroad. Beberapa penginapan yang berada di pusat kota Seoul adalah Millenium Seoul Hilton Hotel, Shilla Hotel dan Uljiro Co-op Residence.
Puas menjelajahi sungai Cheonggyecheon di pusat kota Seoul, tak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu ke Korea bagian lain. Tengok beberapa destinasi berikut Gyeongju,Myeongdong dan tak kalah menariknya Sinsa-dong 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Princess In The Wonderland Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template