Sabtu, 10 November 2012

2NE1: Girlband yang Independent dan Edgy


YG Entertainment memiliki girlband yang dapat dijuluki dengan the female BIGBANG, mereka adalah2NE1 (dibaca To Anyone atau Twenty One). Mereka terdiri dari empat personil. CL atau Lee Chaerin, BOM atau Park Bom, Sandara lengkapnya Park Sandara dan si maknae, Minzy atau Gong Minji. Nama girlband ini terinspirasi dari frasa “21st Century” atau abad ke-21 digabungkan dengan “new evolution” atau evolusi terbaru.
Penampilan perdana mereka bukanlah di suatu acara musik maupun panggung di kota Seoul,Korea Selatanmeskipun mereka berasal dari salah satu perusahaan entertainment terbesar di Korea. 2NE1 pertama kali muncul dengan kolaborasi bersama 
BIGBANG dalam suatu iklan perusahaan elektronik asal Korea dengan membawakan lagu “Lollipop”. Debut mereka yaitu pada bulan Mei tahun 2009 dengan debut single berjudul “Fire”. Semenjak debut itu, girlband ini merelease 2 mini album, 2NE1 dan 2NE1 2nd Mini Album dan satu studio album, To Anyone. Mini album pertama mereka melejit dengan single andalan I Don’t Care, yang membuat 2NE1 memenangkan “Song of the Year” pada ajang 2009 Mnet Asian Music Awards. Lagu-lagu dari album-album selanjutnya pun juga menuai sukses, seperti Go AwayLonely, dan I Am the Best.
Pasti K-Popers tahu penggalan lagu BAM RATATATA TATATATATA kan? Nah, ini merupakan penggalan dari single I Am the Best yang  juga memenangkan“Song of the Year” di ajang yang sama di tahun 2011.2NE1 secara resmi debut di Jepang pada bulan September 2011 dengan mini album berjudul NOLZA yang berisi lagu-lagu remake dari single-single berbahasa Korea mereka. Album ‘Collection’merupakan studio album pertama mereka di negeri sakura ini. Kabarnya mereka akan merelease single berbahasa Inggris mereka pada tahun 2013 di Amerika Serikat dimana will.i.am dari the Black Eyed Peas adalah produsernya. Dari sisi personil 2NE1, CL ,sang leader,  mengatakan kalo mereka sangat suka musik hip-hop maka tidak heran  pengaruh hip-hop besar peranannya ke dalam lagu-lagu mereka. Hal ini juga didukung YG Entertainment, perusahaan yang bernaung di atas nama mereka dan terkenal dengan perusahaan yang beraliran hip-hop.
August Brown, pengamat musik dari The Los Angeles Times telah membandingkan 2NE1 dengan Girls’ Generation dan mendeskripsikan mereka sebagai girlband yang “penuh bumbu hip-hop tapi pas di lidah” sedangkan Jon Caramanica dari The New York Timesyakin bahwa girlband ini akan menuai kesuksesan global di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Princess In The Wonderland Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template